Kamis, 09 Februari 2017

Banjarmasin Kota Seribu Sungai





Ibu kota provinsi Kalimantan Selatan memiliki julukan kota seribu sungai sejak dulu, dikarenakan banyaknya aliran anak sungai yang mengalir bersambung-sambung hingga mengarah dan berkumpul dialiran sungai barito. Sungai-sungai adalah salah satu aspek dari kebudayaan masyarakat kota Banjarmasin, dimulai dari perekonomian, budaya, dan lainnya. Jadi, tidak heran jika Banjarmasin dijuluki Kota Seribu Sungai.
Tapi itu dulu, sekarang sudah sangat tidak mungkin jika kita tetap menjuluki kota seribu sungai. Mengapa ? karena banyaknya anak sungai yang tertutupi oleh suatu pembangunan perumahan, Mall, atau Pabrik, belum lagi dukungan timbunan sampah yang ikut mengurangi jumlah sungai-sungai kecil di Banjarmasin.
Tidak heran apabila data yang dulu menyebutkan bahwa sungai-sungai di Banjarmasin ada belasan ribu tetapi kini hanya tinggal ratusan. Itupun akan terus berkurang karena pesatnya pembangunan kota yang tidak disertai dengan pemeliharaan lingkungan yang setimpal. Inilah PR yang seharusnya diselesaikan oleh pemerintah kota Banjarmasin serta seluruh masyarakatnya, agar lingkungan kota serta julukan seribu sungai tetap terjaga dan tidak hilang.

Beberapa tahun yang akan datang, jika hal seperti ini  tidak diperbaiki, apa yang akan terjadi dengan Banjarmasin ? mungkin saja Banjarmasin tidak mempunyai julukan kota seribu sungai lagi, atau bias saja kota Banjarmasin akan menjadi kota yang rutin kebanjiran setiap tahun seperti halnya Jakarta. Seoga saja hal itu tidak terjadi. Mulai saat ini hendaknya seluruh warga Banjarmasin berpartisipasi dalam menjaga julukan kota Banjarmasin sebagai kota seribu sungai.

Rezky Anggraini16 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.:: Satu Nusa Satu Bangsa, Salam Sosial ::.
Silahkan tinggalkan komentar dengan menjunjung tinggi sopan santun khas masyarakat Indonesia. Terima Kasih

Pencarian